Baju Couple

Minggu, 07 November 2010

Linux dan MS.Dos

1. Cari artikel linux ubuntu dari berbagai sumber (internet,majalah,buku) !
LINUX (UBUNTU)
Linux adalah salah satu sistem operasi yang menyita banyak perhatian para pengguna komputer di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda dari mana asalnya Linux itu sendiri Adalah seorang mahasiswa berkebangsaan Filandia yang merupakan orang pertama yang menemukannya. Linus Torvalds, demikianlah nama penemunya. Tak heran jika Linux dipakai menjadi nama operating system seperti nama penemunya. Agustus 1991, Linus mengerjakan versi 0.01. Dan pada tahun yang sama, tepatnya pada tanggal 5 October 1991, secara resmi meluncurkan versi 0.02.
Sejarah Linux Ubuntu
Ubuntu berasal dari bahasa Afrika yakni “Humanity to Others” yang berarti “Kemanusiaan Untuk Sesama”. Atas dasar itulah diluncurkannya Linux Ubuntu yang dirilis pada tahun 2004. Sistem operasi ini adalah merupakan turunan dari sistem operasi linux yang lain, yakni Debian.Ubuntu itu sendiri dibuat dengan tujuan : selalu gratis tanpa adanya biaya lisensi, bersifat open source (kode terbuka), dan siap untuk dipergunakan dalam kondisi yang stabil. Ubuntu didukung oleh perusahaan bernama Canonical, Ltd yang memiliki tujuan untuk membantu perkembangan, distribusi, dan promosi dari produk-produk yang bersifat open source (kode terbuka). Perusahaan ini bermarkas di Eropa dan dipimpin oleh seseorang bernama Mark Shuttleworth.
Sejak pertama kali diluncurkan, Ubuntu mendapat perhatian yang sangat besar dari pengguna Linux yang lain. Hal ini disebabkan karena kestabilan yang dimiliki oleh Ubuntu itu sendiri. Selain itu kenyamanan dan kemudahan yang dimiliki Ubuntu menjadi daya tarik yang besar bagi pengguna Linux di seluruh belahan dunia.Adapun versi Ubuntu yang telah dirilis dan telah beredar adalah sebagai berikut :
1) Versi 4.10 (Warty Warthdog).
2) Versi 5.04 (Hoary Hedgedog).
3) Versi 5.10 (Breezy Badger).
4) Versi 6.06 (Drapper Drake).
5) Versi 6.10 (Edgy Eft).
6) Versi 7.04 (Feisty Fawn).
7) Versi 7.10 (Gutsy Gibbson).
(sumber : http://excelnieza.blogspot.com/2008/09/artikel-linux-ubuntu.html)

2. Cari tips dan triks menggunakan terminal (perintah dalam linux) dan MS.DOS masing-masing lima !
Linux :
1. Mengeksekusi Perintah Terakhir yang Dijalankan
Code: Select all
!!
2. Mengeksekusi Perintah Terakhir dengan Awalan Karakter
Jika Anda ingin menjalankan perintah dari Command History Anda dengan menggunakan awalan sebuah karakter, misalnya huruf c, maka perintahnya:
Code: Select all
!c
3. Menjalankan Perintah secara Berulang dan Menampilkan Hasilnya
Perintah watch akan menjalankan perintah secara berulang, dan menghasilkan output. Output yang dihasilkan akan ditampilkan bergantian interval waktu. Secara default, interval waktu yang digunakan adalah 2 detik. watch hampir sama dengan tail. Misalkan:
Code: Select all
watch -d ls -l
Baris di atas akan menghasilkan output berupa daftar file di current directory Anda dan akan menandainya setiap ada perubahan yang terjadi.
4. Menyimpan File dengan Cepat pada Teks Editor Vi/Vim
Apabila Anda sedang terburu-buru, Anda dapat menyimpan file yang telah Anda tulis di vi dengan masuk ke mode normal (keluar dari mode insert dengan Esc), kemudian Anda tekan shift bersamaan dengan menekan z dua kali.
5. Menemukan PID dari Suatu Proses secara Cepat
Untuk mencari PID pada proses-proses yang sedang berjalan, Anda dapat menggunakan pgrep. Perintah ini akan mencari PID dari suatu proses yang sesuai dengan parameter yang telah diberikan. Misal:
Code: Select all
pgrep mysqld
Maka akan menghasilkan semua PID yang berhubungan dengan mysqld.
MS. DOS
1. Menampilkan pesan-pesan
Ketik Echo
2. Mencari suatu perintah yang ditetapkan untuk masing-masing file
Ketik for
3. Memformat partisi menggunakan windows
Ketik format
4. Mengatur perangkat system
Ketik mode
5. Menampilkan file dan directory dari file berukuran paling kecil sampai besar
Ketik dir\os

3. Buat ringkas materi praktikum hari ini !
• Praktikum DOS
Setelah layar cmd tampil,pindahkan drive c ke drive d dengan mengetik D: dan enter.Lalu bersihkan layar dengan mengetik cls lalu enter.Setelah itu buat folder baru lalu buat folder di dalam folder baru tersebut dengan mengetik mkdir (nama folder) dan klik enter.
Untuk melihat apakah folder yang Anda buat telah selesai,Anda bias melihatnya di my computer.

• Menginstall Linux
Untuk menginstall inux ubuntu,setelah memasukkan CD Installer ubuntu ke dalam CD Rom Drive,restart komputer Anda dan setelah computer Anda menyala kembali akan mucul daftar bahasa dan pilihlah bahasa yang ingin Anda gunakan.Setelah itu akan muncul lima opsi yang dijadikan sebagai pilihan,kemudian pilih “Install Ubuntu”.Setelah proses pembacaan cd installer,akan muncul daftar bahasa lagi.pilih bahasa yang ingin Anda gunakan lalu klik forward.Setelah itu,akan muncul gambar peta,pilih Makassar dan klik forward.Setelah muncul panduan memilih layout keyboard,tekan saja beberapa tombol di bagian bawah layar lalu klik forward.klik manual,kemudian buat partisi root,partisi home dan partisi swapnyanya kemudian isi user name dan passwordnya di real name.klik forward,continue dan klik install.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar